UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al Ukhuwah

Selayang Pandang

Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ukhuwah merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus Universitas Islam ‘45’ Bekasi. LDK Al-Ukhuwah adalah UKM yang bergerak di bidang pendidikan keilmuan agama & umum, pembinaan karakter & mental, penguatan rohani & jasmani, penembangan prestasi, dan pengasahan kreativitas.

LDK Al-Ukhuwah hadir untuk mengantisipasi globalisasi yang menyerang para pemuda khususnya mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam ‘45’ Bekasi. Dengan semangat 45 berlandaskan nilai-nilai islam, LDK Al-Ukhuwah berusaha menghadapi tantangan global dengan ikut serta membina para pemuda baik dari segi intelektual, moral, maupun mental untuk dapat bersaing positif di dalam perkembangan zaman.

LDK Al-Ukhuwah melakukan pembinaan pada tiga aspek penting manusia, yaitu Fikriyah (Akal), Jasadiyah (Jasmani) dan Ruhiyah (Rohani) agar dapat menciptakan generasi “Anasir At-Tghyir” atau “Agent of Change” untuk perubahan yang lebih baik.

Sejarah

Bermula dari aktivitas beberapa mahasiswa-mahasiswi dari berbagai fakultas Universitas Islam ‘45’ Bekasi yang selalu mengadakan diskusi-diskusi dan kajian keislaman dalam sebuah forum kecil yang dinamakan Sebuah kesadaran mendalam dari mereka bahwa perlu adanya pengentalan nilai-nilai Islami yang mewarnai kampus “Khairul Ummah” ini. Adanya beban moral untuk menciptakan nuansa kampus yang Islami sebagaimana nama yang tersemat pada kampus ini, merupakan alasan utama mereka mendirikan “Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI)” pada tanggal 17 Desember 1999, bertepatan pada tanggal 9 Ramadhan 1420 H.

Kemudian, kesadaran tentang perlunya penguatan hukum agar dapat menjamin keberlangsungan program kerja dalam mewujudkan komunitas kampus yang Islami, maka pada tanggal 24 Juni 2001, diadakan MUKTAMAR I untuk mengubah status forum menjadi sebuah organisasi terlembaga, yakni Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Ukhuwah Universitas Islam ‘45’ Bekasi.

Hingga saat ini (2015), sudah 14 tahun LDK Al-Ukhuwah terus berkomitmen menjalankan program kerja dalam rangka menciptakan nuansa kampus yang religius dengan semangat nasionalisme.

Visi dan Misi

Visi

Lembaga Dakwah Kampus memiliki visi “Mewujudkan Komunitas Kampus Islami”.

Misi

  1. Berpegang teguh pada Al Qur’an dan As Sunnah dalam mencetak kader-kadernya sebagai Anashir At TaghyIr (Agen Perubahan) yang kreatif dan inovatif
  2. Membangun kesadaran seluruh anggota dan sivitas akademika akan pentingnya penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan kampus demi menopang peningkatan kualitas akademik.
  3. Menjalin Ukhuwah  Islamiah dan kerjasama dalam seluruh lini kehidupan intra dan ekstra kampus serta berperan aktif dan kreatif di dalamnya.
  4. Melakukan amar ma’ruf nahi munkar serta membangun opini publik yang islami secara kontinu dan konsisten.
  5. Menjadi mediator dan advokator (amal khidami)  bagi pemenuhan kebutuhan akademik mahasiswa.
  6. Membangun jaringan komunikasi efektif dengan LDK lainnya, khususnya wilayah bekasi dan  nasional pada umumnya.

Nilai-nilai Organisasi :

1. Islami

LDK Al-Ukhuwah senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Islami sebagai dasar ideologinya Nilai-nilai keislaman harus direpresentasikan dalam perilaku setiap anggotanya, karena mereka memiliki kesadaran, dorongan, dan tanggung jawab untuk berperilaku sesuai ajaran agama Islam. LDK Al-Ukhuwah berupaya untuk menunjukkan keindahan cahaya islam melalui perilaku para anggotanya.

2. Nasionalisme

Cinta pada tanah air merupakan rasa yang terus ditanamkan dalam diri anggota LDK Al-Ukhuwah. Kesadaran untuk membela negara dan mengharumkan nama bangsa selalu melekat dalam jiwa kader LDK Al-Ukhuwah.

3. Persaudaraan

Nilai-nilai persaudaraan menjadi landasan aktivitas sosial organisasi. Nilai itu menjadi pedoman bagi para anggota dalam berinteraksi. Masing-masing anggota tidak menganggap yang lainnya sekedar sebagai anggota formal, namun lebih dari itu, seperti saudara sendiri. Dengan rasa persaudaraan, aktivitas dan suasana organisasi menjadi bersifat kekeluargaan, saling menghormati dan menghargai.

4. Militansi

Dalam bekerja menjalankan tugas dan program organisasi, militansi terus ditanamkan dalam diri anggotanya. Para anggota bekerja dengan penuh tanggung jawab, ikhlas, terbuka dan bergotong-royong.

5. Akademis

Nilai lainya yang ditanamkan kepada anggota LDK Al-Ukhuwah adalah nilai-nilai akademisi sebagai serorang mahasiswa seperti keuletan, rajin, dan aktif berdiskusi.

Program Unggulan
  1. DAUROH
  2. Training Manajemen Organisasi
  3. URKAIS (Urgensi Kajian Islam)
  4. DIANTAR (Dialog Antar Kita)
  5. MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  6. Ramadhan Smile in Campus
  7. BOM (Bursa Obrolan Muslinah)