Indonesia sudah masuk ke dalam arus globalisasi, dimana arus globalisasi ini disertai dengan perkembangan teknologi yang sangat canggih. Dunia kini memasuki era revolusi industri 4.0, yakni era yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. Dalam menghadapi tantangan tersebut, proses belajar mengajar di perguruan tinggi pun dituntut untuk berubah, termasuk dalam menghasilkan dosen, tenaga kependidikan yang berkualitas bagi generasi masa depan, termasuk pustakawan yang mengelola koleksi bahan pustaka baik berupa hard file, maupun digital.
Universitas Islam “45” Bekasi (UNISMA) sudah berusia 39 tahun, namun pada saat ini belum banyak akademisi dan pustakawan yang mempersiapkan diri dan membekali diri untuk masuk ke era disrupsi 4.0 yang semuanya sangat mengandalkan kecanggihan teknologi. Dalam menghadapi era digital ini maka sangat perlu segera disebarluaskan tentang era disrupsi 4.0, sebagai sebuah penyampaian informasi tentang era digital dan terjadinya disrupsi 4.0 di lingkungan perguruan tinggi baik bagi akademisi (dosen dan tenaga kependidikan) maupun pustakawan sebagai pengelola bahan pustaka, sehingga akan memudahkan integrasi berbagai pengembangan UNISMA yang ditunjang dengan informasi dan teknologi.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka UPT perpustakaan UNISMA perlu menyelenggarakan seminar yang mengambil tema “Peran dan Tantangan bagi akademisi dan Pustakawan di Era Disrupsi 4.0”, dengan maksud agar kondisi dosen saat ini yang masih didominasi oleh generasi baby boomers dan generasi X yang merupakan digital immigrant segera dapat menyesuaikan diri dan meningkatkan kemampuan dan keterampilannya di bidang informasi dan teknologi. Sementara mahasiswa yang dihadapi merupakan generasi millennial atau digital native.
Tantangan lain yang dihadapi dalam rangka memenuhi kebutuhan dosen berkualitas adalah menjaring lulusan terbaik perguruan tinggi untuk menjadi dosen. Hal ini karena di era revolusi industri 4.0, profesi dosen semakin kompetitif. Setidaknya terdapat lima kualifikasi dan kompetensi dosen yang dibutuhkan, meliputi (1) educational competence, kompetensi berbasis Internet of Thing sebagai basic skill di era ini; (2) competence in research, kompetensi membangun jaringan untuk menumbuhkan ilmu, arah riset, dan terampil mendapatkan grant internasional; (3) competence for technological commercialization, memiliki kompetensi membawa grup dan mahasiswa pada komersialisasi dengan teknologi atas hasil inovasi dan penelitian; (4) competence in globalization, dunia tanpa sekat, tidak gagap terhadap berbagai budaya, kompetensi hybrid, yaitu global competence dan keunggulan memecahkan national problem; serta (5) competence in future strategies, di mana dunia mudah berubah dan berjalan cepat, sehingga memiliki kompetensi dalam memprediksi dengan tepat apa yang akan terjadi di masa depan dan strateginya, dengan cara joint-lecture, joint-research, joint-publication, joint-lab, staff mobility dan rotasi, paham arah Sustainable Development Goals (SDGs) Quality dan industri, dan lain sebagainya.

Tempat dan Waktu
Tanggal : 29 Maret 2019
Waktu     : Pukul 08.00 – 15.30 WIB
Tempat     : Universitas Islam “45” Bekasi atau Gedung I, lantai 3 Jl. Cut Meutia Nomor : 83 Bekasi Timur
 
Narasumber
1.    Dr. Lukman, S.T., M.Hum.
       Kepala Subdit Direktorat Fasilitas Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti.
2.    Dr. Dedy H.B.Wicaksono
        Praktisi
Peserta
Peserta seminar adalah :
1.    Dosen struktural dan / atau non struktural
2.    Tenaga Kependidikan
3.    Pustakawan UNISMA
4.    Pustakawan perguruan tinggi di wilayah Kota Bekasi.
 

PENDAFTARAN

silakan isi formulir pendaftaran di bawah ini:

 

Biaya Partisipasi peserta sebesar Rp. 200.000,-
(Dua Ratus Ribu Rupiah) Maksimal 2 Orang

Pendaftaran di buka mulai tanggal 26 Februari s.d. 26 Maret 2019

Pelaksanaan : 29 Maret 2019

Pembayaran melalui :
Rekening BCA a.n. Sarofah
5780805791
Kirimkan bukti pembayaran via email nastain45bekasi@gmail.com atau
Whatsapp 0838 7714 0116 sertakan nama lengkap dan instansi anda