PUSAKA

Pusat Kajian Pancasila (PUSAKA) adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Islam 45 Bekasi. UKM PUSAKA secara resmi berdiri pada tanggal 14 Desember tahun 2012 dilanjutkan dengan pelantikan dan pengukuhan pengurus oleh Rektor UNISMA Bekasi Dr. Nandang Najmulmunir, Ir, M.T, pada tanggal 26 Desember 2012.

Latar Belakang

Gagasan pembentukan Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Kajian Pancasila (UKM PUSAKA) berawal dari forum-forum diskusi yang diadakan oleh civitas akademika UNISMA Bekasi di tahun 2011 s.d.tahun 2012. Akhirnya, melalui kegiatan seminar peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan peringatan Sumpah Pemuda yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2012 di Gedung H UNISMA Bekasi, menghasilkan kesimpulan bahwa diperlukan adanya suatu forum pengkajian yang memiliki fokus pada pengkajian nilai-nilai ke-Pancasilaan, wawasan kebangsaan dan penerapannya di lingkungan kampus dan masyarakat. Selain itu, gagasan pembentukan forum kajian tersebut juga sebagai bentuk keprihatinan atas adanya kecenderungan organisasi internal mahasiswa yang terafiliasi pada kelompok politik tertentu yang mengakibatkan hilangnya indepedensi organisasi internal mahasiswa UNISMA Bekasi.

Melalui pertemuan lanjutan yang diadakan oleh beberapa orang mahasiswa dan dosen, akhirnya menyepakati forum pengkajian tersebut dilembagakan menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa dengan nama Pusat Kajian Pancasila. Selanjutnya, untuk mendapatkan kekuatan hukum, maka proses pembentukan dan pendirian Pusat Kajian Pancasila sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa didaftarkan ke direktorat kemahasiswaan dan mengikuti mekanisme dan prosedur pendirian organisasi mahasiswa yang berlaku di UNISMA Bekasi.

Terbentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Kajian Pancasila ini diharapkan menjadi ruang bagi mahasiswa untuk transfer keilmuan, mengembangkan diri dan sarana implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Selain itu, Pusat Kajian Pancasila juga diharapkan sebagai salah satu bentuk kontribusi dari mahasiswa untuk memperkuat hakikat dari pendirian Universitas Islam ‘45’ Bekasi yang mengedepankan nilai-nilai perjuangan, utamanya berkaitan dengan dasar negara yaitu Pancasila.

Tujuan PUSAKA

  1. Membangun karakter Mahasiswa UNISMA yang berkarakter Negarawan berdasarkan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman-pedoman atau dasar berkehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Membangun karakter kampus sebagai ciri khas kampus yang menghasilkan lulusan sebagai negarawan dari berbagai profesi yang mampu menyebarluaskan karakter negarawan di masyarakat.

Dasar Hukum PUSAKA

  1. Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 tentang kebebasan berpendapat dan berorganisasi.
  2. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  3. Peraturan Pemerintah  Nomor 30 Tahun 1990 tentang PerguruanTinggi.
  4. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Sistem Pendidikan.
  5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemerintah Daerah dalam Rangka Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila.
  6. Surat Keputusan Mendikbud Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Berorganisasi Kemahasiswaan.
  7. Surat Keputusan Rektor UNISMA Bekasi Nomor 145/SK/Unisma/RT/XII/2012 tentang Susunan Pengurus UKM Pusat Kajian Pancasila.

Visi PUSAKA

Terwujudnya nilai-nilai Pancasila di kehidupan mahasiswa UNISMA sehari-sehari, berorganisasi, berbangsa dan bernegara pada tahun 2019.

Misi PUSAKA

  1. Mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi nasional, pandangan hidup bangsa dan kesatuan bangsa.
  2. Menyusun jaringan antara PUSAKA UNISMA dengan Perguruan Tinggi, Akademisi dan instansi /lembaga ditingkat daerah maupun nasional.
  3. Membentuk kader untuk memasyarakatkan nilai-nilai Pancasila.
  4. Melaksanakan sosialisasi nilai-nilai Pancasila di kalangan Mahasiswa UNISMA, kalangan Perguruan Tinggi, Akademisi di wilayah Bekasi dan nasional.
  5. Memperdalam pembelajaran terhadap nilai-nilai Pancasila melalui beragam kegiatan.

Kegiatan-kegiatan PUSAKA

  1. Kegiatan Tahunan Organisasi : Kongres, Rapat Kerja, Pendidikan dan Pelatihan.
  2. Kegiatan Keilmuan : Diskusi, Seminar, Kunjungan, Napak Tilas Sejarah Budaya,  dll.
  3. Kegiatan Pengabdian & Penelitian : Bakti Sosial dan Santunan, Pelestarian Alam dan lingkungan, Gerakan Pustaka Rakyat, Pembuatan Permainan Pancasila (Game Berdikari), dll.
  4. Kegiatan Mandiri : Penulisan berita dan artikel, Mengikuti Perlombaan, dll.
  5. Kegiatan Sporadik : Partisipasi dalam kegiatan di dalam dan luar kampus.

Prestasi PUSAKA

  1. Juara 2 Lomba Jelajah Museum dalam Jakarta Festival Museum Day 2013.

Media Informasi PUSAKA

  1. Email       : pusakaunisma2016@gmail.com
  2. Facebook : https://www.facebook.com/profile.php?id=100005158507654
  3. Blog          : www.pusakaunisma45.wordpress.com