Program Studi Psikologi Adakan Workshop Bersama SMA Thariq Bin Ziyad

April 10, 2018 / Berita

Bekasi- Bertempat di Aula Universitas Islam 45 Bekasi, Sabtu (7/4), Program Studi Psikologi Adakan Workshop Bersama SMA Thariq Bin Ziyad. Acara ini terjalin atas kerjasama antara Program Studi Psikologi (FISIP) dengan Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SMA Thariq Bin Ziyad.

Dalam agenda yang bertemakan “Strategi Memilih Program Studi Psikologi Pada Perguruan Tinggi dan Prospeknya di Dunia Kerja” , TIM Program Studi Psikologi adakan seminar dan simulasi tes potensi minat dan bakat, yang diikuti ratusan siswa/i sekolah menengah atas Thariq Bin Ziyad.

Ketua Program Studi Psikologi Siti Nurhidayah dan TIM Dosen Psikologi memberikan tips bagaimana memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Menurut Siti Nurhidayah dalam memilih jurusan kuliah, siswa dan orangtua selain memperhartikan minat dan bakat perlu mempertimbangkan perencanaan karir kedepan.

“Banyak jurusan banyak pilihan,  pertama kita harus memperhatikan minat dan bakat kemudian cari tahu mengenai karir pekerjaan dari jurusan tersebut. Jadi buatlah perencanaan karir, aktif mencari informasi, kemudian baru buat keputusan,” papar Siti Nurhidayah dalam materinya.

Lebih lanjut Siti Nurhidayah menerangkan, ada tiga faktor yang mempengaruhi karir seseorang. Pertama adalah diri sendiri, kedua faktor lingkungan, ketiga faktor lingkungan keluarga.

“Tiga faktor yang mempengaruhi karir seseorang yaitu diri sendiri (potensi dan minat), lingkungnan sekitar (teknologi informasi, teman sebaya, dan tren profesi saat ini) dan kohesi keluarga (pengasuhan, profesi orangtua dan minat orangtua). Semua faktor tersebut perlu dikomunikasikan dengan baik antara orangtua dan anak. Sehingga dapat menghasilkan pilihan jurusan yang sesuai,” tambah Siti Nurhidayah.

Selain memberikan motivasi kepada siswa, Tim Dosen Psikologi pun berdiskusi dengan para orangtua murid. Dalam sesi yang dipimpin oleh Dosen Psikologi Indah, menuturkan bahwa kesuksesan bermula dari kesuksesan kecil. Bisa melebihi target-target yang kecil itulah kesuksesan kecil. Semakin banyak kesuksesan kecil yang dicapai seseorang, maka akan mengantarkannya kepada kesuksesan yang besar.

 

Related Post