Penandatanganan MoU Beasiswa Fullbright TA 2019/2020

October 17, 2019 / Artikel, Berita, DIKA, Mahasiswa

Bekasi- Tepat ketika matahari berada di atas kepala, pukul 14.00 wib, puluhan mahasiswa UNISMA Bekasi berkumpul di gedung I (Pascasarjana) lantai 3, Rabu (9/10). Mereka adalah para mahasiswa yang menerima Beasiswa Fullbright, baik tahun angkatan 2019/2020 maupun tahun-tahun sebelumnya, untuk menghadiri kegiatan Penandatanganan MoU Beasiswa Fullbright TA 2019/2020.

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan (DIKA) ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang III, M. Ilyas Sikki, M.T., M.Kom., segenap manajer DIKA dan para wali dari mahasiswa penerima Beasiswa Fullbrigh TA 2019/2020.

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memberikan bekal dan pesan kepada mahasiswa penerima Beasiswa Fullbright agar dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi mahasiswa lainnya. Mahasiswa yang menerima Beasiswa Fullbright ini, mereka akan menerima Bantuan Biaya Pendidikan Penuh (full) sampai lulus kuliah.

Namun di sisi lain, ketika ada ‘hak’ tentunya akan ada ‘kewajiban’ yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Selain mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari universitas, ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. 

“Mahasiswa penerima Beasiswa Fullbright jalur akademik, atlit (olahraga) dan hafidz quran, haruslah berprestasi di kelas (akademik) dan wajib aktif dalam kegiatan organisasi atau UKM. Berikanlah contoh kepada teman-teman mahasiswa lain, bahwa prestasi di bidang akademik bisa sejalan dengan prestasi di organisasi,” ucap Direktur DIKA, Darmansyah S.E.

Lanjut, Direktur DIKA menjabarkan apa saja kewajiban mahasiswa penerima Beasiswa Fullbright. Salah satunya ialah berprestasi di bidang akademik, aktif organisasi dan menjaga nama baik kampus dan almamater.

“Minimal IPK 3, itu minimal, kemudian lulus tepat waktu. Nah, selanjutnya harus aktif organisasi, hidup sehat jauhi narkoba. Jadilah agen yang menggaungkan nama UNISMA Bekasi ke luar dengan prestasi yang membanggakan!” tutur Direktur DIKA, Darmasyah, S.E. Kemudian pada kesempatan ini pula, Direktur DIKA juga menjelaskan apa saja kategori biaya yang dibantu oleh Beasiswa Fullbright ini.

Selain dengan tujuan diatas, kegiatan ini juga menjadi salah satu ajang silaturahmi antara kampus dengan wali mahasiswa.

“Di era sekarang, perlu adanya kerjasama antara manajemen pendidikan, mahasiswa dan orangtua mahasiswa. Pertemuan hari ini, seperti apa yang dikatakan oleh Direktur DIKA sebelumnya, adalah untuk menyamakan persepsi, pandangan dan pengertian mengenai apa-apa saja yang didapat atau dibantu oleh beasiswa fullbright serta apa saja kewajiban mahasiswa penerima beasiswa fullbright,” ucap Wakil Rektor bidang III. M. Ilyas Sikki, MT. Mkom. ***


Dokumentasi Kegiatan

Related Post