Menuju Pribadi yang Berintegritas dan Anti Korupsi

March 9, 2018 / Artikel, Berita

Bekasi- “Korupsi” pada dasarnya merupakan tindakan menyalahgunakan kepercayaan dan wewenang yang dimiliki, demi meraih keuntungan pribadi. Perlu disadari bahwa tindakan korupsi tak selalu berbicara tentang “uang”,  tetapi setiap tindakan yang dapat merugikan orang lain. Baik untuk lingkungan sekitar, organisasi, atau pada suatu lembaga tertentu.

“Penggelapan uang dan menyogok, itu hanyalah salah satu bentuk korupsi, menebang hutan secara illegal itu termasuk korupsi, datang kerja tidak tepat waktu, itu korupsi!” ucap Penasihat KPK Abdullah Hemahua pada Pengajian Bulanan UNISMA, Senin (26/2) di  Masjid Al-Fatah UNISMA Bekasi.

Abdullah Hemahua menuturkan, untuk menjadi pribadi yang jauh dari perbuatan Korupsi diperlukan sikap Integritas yang tinggi. Menurutnya, Integritas berhubungan dengan hati nurani, kejujuran, komitmen, ketulusan dan lain sebagainya.

Pada kesempatan sore hari itu, Abdullah memberikan “tips” bagaimana menjadi pribadi yang berintegritas dan anti korupsi. “Untuk menghindari korupsi sebenarnya tidak perlu ribet, cukup menteladani perilaku Rasullah SAW. Perilaku Rasullah merupakan contoh teladan baik bagi tiap individu, keluarga, ormas, parpol, masyarakat, bangsa, negara dan antarbangsa,” tutur Abdullah.

“Sesungguhnya telah ada di (diri) Rasulluah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang orang yang mengharap rahmat Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (QS Al Ahzab: 21).

“Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik,” (HR. Al-Baihaqi)

Akhlak (Al Khulk) adalah perangai, tabiat, budi pekerti, dan sifat seseorang. Abdullah memaparkan bahwa setidaknya ada enam sikap integritas (al khulk) yang mestinya dimiliki oleh tiap insan muslim, yaitu :

  1. Bersikap, Berperilaku dan Bertindak Jujur.
  2. Konsisten dalam Bersikap dan bertindak.
  3. Komitmen terhadap Visi dan Misi (Iltizam)
  4. Objektif terhadap permasalahan.
  5. Berani dan Tegas dalam mengambil Putusan dan Siap menerima Risiko Kerja.
  6. Disiplin dan Bertanggung Jawab dalam menjalankan tugas.

Ke enam perilaku tersebutlah, yang harus dilatih dan diterapkan agar kita mampu menjadi pribadi yang berintegritas. Dengan sikap Integritas inilah yang nantinya akan menjauhkan kita semua dari Perilaku Korupsi. *** (RF)

 

Humas Universitas Islam 45 Bekasi

 

Related Post

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *