Kuliah Umum Akuntansi : Karakteristik Akuntansi Syariah (?)

October 18, 2018 / Artikel, Berita, FE

Bekasi – Bertempat di gedung D. 103, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi mengadakan Kuliah Umum dengan tema Karakteristik Akuntansi Syariah, Rabu (17/10). Kuliah umum ini diselenggarakan oleh program studi (prodi) Akuntansi, sebagai penunjang mata kuliah Akuntansi Syariah.

Seperti yang diketahui, di UNISMA terdapat Standar Khusus UNISMA (SUN) yang menjadi ciri khas kurikulum UNISMA. Salah satunya ialah sertifikat pendamping ijazah atau disebut juga sebagai sertifikat keahlian/profesi.  Untuk prodi Akuntansi, terdapat sertifikat profesi/keahlian mengenai praktik akuntansi syariah.

Pembicara yang hadir pada kuliah umum ini adalah Prof. DR. M. Nizarul Alim, S.E., M.Si., Ak. (M. Nizarul). M. Nizarul merupakan Ketua LPPM Univ Joyo Madura sekaligus Pengurus KAS Ikatan Ahli Ekonmi Indonesia dan Penasihat Forum Ketua KAI Kompertemen jawa Timur.

Pada siang tersebut, M. Nizarul membahas bagaimana praktek dari Akuntansi Syariah. M.Nizarul mengatakan bahwa yang perlu diperhatikan ialah Aqad, Muamalah dan Pembiayaan.

“Dikatakan syariah itu kalau dilaksanakan sesuai dengan syariat-syariat islam dari mulai proses, praktek, hingga laporannya. Kemudian ciri yang berikutnya kalau akuntansi syariah terletak pada Aqad dan Pelaporannya. Bukan hanya memuat Aqad Tijarah melainkan pula Tabaru,” papar M. Nizarul.

Lebih lanjut, M. Nizarul memaparkan bahwa dalam sebuah laporan, yang termasuk Tijarah (komersial) itu seperti Jual Beli, Bagi Hasil, Sewa, dan lain-lain. Sedangkan yang termasuk Tibaruh (sosial) seperti Pendidikan, Kesehatan, Asuransi dan lain sebagainya.

Pada akhir sesi, M.Nizarul mengatakan bahwa praktek Ekonomi syariah memang sedang diminati belakangan ini, tentunya ini membuka peluang besar bagi para calo ekonom syariah.

“Praktik ekonomi syariah dinilai lebih baik dari konvensional, terutama di Negara-negra muslim, praktek ekonomi syariah semakin berkembang. Hal ini menunjukkan potensi lapangan pekerjaan yang semakin besar di masa mendatang,” tutup M. Nizarul pada akhir seminarnya.

Related Post