HUMAN UNISMA Bekasi Sukses Selenggarakan Mesin Bersatu 14

April 5, 2018 / Berita
foto @anakunisma

Bekasi- Dalam rangka ulang tahun Teknik Mesin, Himpunan Mahasiswa Mesin (HUMAN) kembali mengadakan kegiatan Mesin Bersatu 14. Event yang berlangsung selama tiga hari (22-24 Maret) di Hall Universitas Islam 45 Bekasi ini, memiliki beberapa agenda yaitu kegiatan Seminar, Pelatihan Autocad dan Solidwork 2D & 3D, Donor Darah,  Bakti Sosial, Kontes Modifikasi Motor, Kompetisi BMX, Kontes Low Rider, Pagelaran Musik dan Bazar.

Pelbagai kegiatan tersebut sengaja diadakan sebagai wujud dari nilai bekarya dan berkreatifitas, membangun jiwa sosial serta Tri Dharma Peguruan Tinggi.

“Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan ini merupakan bentuk berkreasi dan beraktifitas hasil kuliah yang dikembangkan di organisasi. Jadi berkarya, sosial dan bermuatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, itulah tiga nilai yang kita ingin wujudkan dalam event Mesin Bersatu,” kata Ketua Pelaksana Fahri, mahasiswa Teknik Mesin, semester 4.

Dekan Fakultas Teknik, Sugeng, menyatakan bahwa acara tahunan ini merupakan bentuk eksistensi jurusan mesin. Sugeng berharap dengan semangat event mesin bersatu dapat bersinergi menciptakan teknologi terbaru yang berguna dan beradab bagi kehidupan masyarakat.

“Segala kemajuan teknologi dapat bersinergi sebagai kemajuan yang berguna dan beradab dalam kehidupan manusia. Acara tahunan ini adalah bentuk eksistensi mesin, semoga kegiatan ini dapat mewarnai cakrawala mesin dan teknologi dibidang otomotif maupun permesinan,”

Donor Darah dan Bakti Sosial

Mahasiswa, Pegawai dan Pimpinan UNISMA ikut serta dalam Donor Darah Teknik Mesin

Dalam rangka membangun jiwa sosial dan kepedulian terhadap sesama, Mesin Bersatu menggelar acara Donor Darah dan Bakti sosial. Untuk Donor darah panitia bekerjasama dengan PMI Indonesia, menargetkan 70 kantong darah. Acara ini pun dibanjiri sejumlah peserta yang ingin mendonorkan darahnya.

Salah satunya Devi, mahasiswi jurusan Manajemen, mengaku senang bisa mendonorkan darahnya, “Enak, engga sakit. Rasa awalnya deg-degan ternyata nagih!” tutur Devi. Hal yang sama juga diutarakan oleh Amelia mahasiswi Penjaskesrek, “Dikira sakit, tapi setelah itu badan langsung terasa enak,” ucap Amelia setelah mendonorkan darahnya, Kamis (22/3), Fakultas Teknik.

Donor darah Mesin Bersatu ini pun tak hanya ramai dihadiri oleh mahasiswa, tapi juga para pegawai UNISMA dan pimpinan.

Sedangkan untuk Bakti Sosial, panitia memberikan sejumlah bantuan ke salah satu panti sosial, Yayasan At Taufiq. Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako, alat tulis, alat sholat dan uang pembinaan. Menurut keterangan Fahri bantuan yang terkumpul mencapai angka sekitar delapan juta.

Seminar dan Pelatihan

Peserta Pelatihan Atucad – foto : dmsap.99

Di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mesin Bersatu juga tak mau ketinggalan. Panitia menggelar pelatihan Autocad 2D & 3D dan pelatihan Solidwork 2D & 3D. Pelatihan ini terbuka untuk kalangan umum, mahasiswa dan pelajaran.

Kemudian panitia juga mengadakan Seminar bersama General Manager PT Toyota Motor Manufacturing IR. Ahmad Rozak. Ketua Himpunan Mahasiswa Mesin Rivaldi Altin, semester 6, mengungkapkan sengaja mengambil tema kompetensi diri, sebagai langkah mempersiapkan kompetensi diri di bidang teknik industri.

“Mungkin kita semua sudah punya banyak teori tapi jarang dan belum tentu memiliki kompetensi diri. Setelah seminar ini harapannya, kita bisa mengerti kompetensi apa yang harus dipersiapkan di dunia kerja, kemudian mengerti kebutuhan konsumen dan lain sebagainya,” ungkap Rivaldi di ruang seminar gedung I, Jumat (23/3).

Ahmad Rozak mengatakan bahwa setiap individu perlu memiliki paket kompetensi diri yang lengkap, antara hardskill dan softskill.

Dari kelas perkuliahan mahasiswa dapat mengasah kompetensi hardskill mereka. Tetapi kompetensi softskill terkadang suka terlupakan, padahal karakter/sikap/attitude adalah hasil dari ‘proses’ tidak sekali jadi,”

Kompetisi dan Entertaiment

Modifikasi Motor –foto : degoll02

Agenda puncak dilaksanakan di Hall Universitas Islam

Modifikasi Motor –foto: Human

45 Bekasi pada Sabtu (24/3). Pada acara puncak ini diselenggarakan beberapa event sekaligus, yaitu Kontes Modifikasi Motor, Kompetisi BMX, Kontes Low Rider, dan Pagelaran Musik dan Bazar.

Bahkan, Kontes Modifikasi Motor yang diselenggarakan oleh Human ini disebut-sebut sebagai Kontes Modifikasi Motor terbesar se-Jabodetabek, wow!

Lomba BMX –foto : Human

 

 

Related Post