GEMAS PEDAS KPID di Unisma Bekasi

IMG_4393Bekasi, Di tengah maraknya tayangan televisi yang membawa berbagai pengaruh, masyarakat dituntut aktif serta cerdas dalam memilih media.  Untuk membantu masyarakat mengatasi  hal tersebut, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menggelar  acara GEMAS PEDAS di berbagai perguruan tinggi. GEMAS PEDAS sendiri merupakan singkatan dari Gerakan Masyarakat Jawa Barat Peduli Media Sehat dan Pemirsa Cerdas. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dari KPID dan tahun ini Universitas Islam 45 Bekasi didapuk sebagai penyelenggara acara.

Acara GEMAS PEDAS di Universitas Islam 45 Bekasi diselenggarakan pada Selasa (29/9) di Gedung I lantai 3 dan dihadiri lebih dari 75 peserta dari Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa (FKSB). Peserta yang hadir bukan hanya dari kalangan mahasiswa, dosen pun ikut meramaikan acara tersebut.

Acara dibuka oleh Ketua Panitia Neneng Athiatul dari KPID Jabar pukul 09.30. Beliau membuka acara sekaligus menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau berterima kasih kepada pihak-pihak yang membantu terselenggaranya acara GEMAS PEDAS.

“Terima kasih kepada pihak Unisma atas sambutan hangatnya dan penyediaan tempat bagi kami dan terima kasih pula atas kedatangan narasumber dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Pusat. Kondisi penyiaran di Indonesia yang terdiri dari 50 juta tayangan , dan 470 lembaga penyiaran yang ada, media hanya menyajikan hiburan.”

“Kita harus memahami bahwa frekuensi yg digunakan adalah milik publik dan kita punya hak untuk menerima siaran yg bagus tapi kita juga tidak boleh diam namun dituntut aktif dalam mengawasi tayangan tersebut. Maka untuk membantu masyarakat mendorong lembaga tersebut untuk menyajikan tayangan yang sehat, acara ini diadakan dan saya harap terus berjalan serta bermanfaat,” ungkap ketua panitia.

Selain itu, sambutan selanjutnya diisi oleh  Wakil Dekan FKSB Saepudin yang mewakili dekan serta Rektor Unisma Nandang Najmulmunir.

“Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua peserta yang hadir, saya mewakili dekan mengucapkan sangat berbangga sekali dipilih sebagai universitas serta fakultas dalam acara GEMAS PEDAS, yang memang menjadi kegiatan rutin KPID. Sekali lagi kami merasa bangga didaulat sebagai penyelenggara, dan saya harapkan acara ini bisa berlanjut dan bekerja sama kedepannya, “ kata Saepudin.

“Individu sebagai pemegang tanggung jawab insan komunikasi serta institusi sebagai insan dalam menyampaikan pesan. Dalam hal ini pesan yang disampaikan adalah pesan yang sehat dan edukatif untuk membangun generasi indonesia emas 2045. Sehingga generasi kita selanjutnya bisa memiliki jiwa yg moralitas dan akhlaaqul karimah,” lanjut rektor.

Sebelum memasuki acara inti, pihak KPID dan Unisma saling memberikan plakat sebagai kenang-kenangan dan simbol kerjasama. Setelah itu, doa dibacakan oleh Aep Wahyudi dan diikuti oleh peserta dengan khidmat.

Acara berlanjut dengan pemberian materi oleh masing-masing narasumber. Materi pertama diberikan oleh Azimah Subagijo dari KPI Pusat. Beliau membawakan materi mengenai peran serta masyarakat dalam menciptakan penyiaran yang sehat.

“Media bertanggung jawab untuk membentuk jati diri bangsa, tapi kondisi yang terjadi saat ini adalah banjir informasi namun sebagian besar pola nonton masyarakat tidak terencana dan mennonton apa saja. Karena faktor tersebut televisi mencuri waktu kita, bukan cuma tv tapi jg gadget. Kita perlu waspada dan kita juga harus kritis pula. Tontonlah secara sadar dan sebaiknya menonton tayangan yang memang sesuai kebutuhan kita, karena pengguna akhir dari media adalah masyarakat sehingga masyarakat juga punya tanggung jawab untuk mengawasi media,” kata Azimah.

Lanjut ke materi berikutnya mengenai Media Cerdas, Cerdas Bermedia yang dipaparkan langsung oleh Ketua KPID Propinsi Jawa Barat Dedeh Fardiah. Beliau mengatakan bahwa bukan hanya tayangan televisi yang diwaspadai namun masyrakat juga harus waspada terhadap radio.

“Jangan mudah percaya dengan tayangan televisi. Kita harus memahami isi pesan dari tayangan tersebut, selain itu seleksi pula tayangan sinetron ataupun musik. Dan hati-hati siaran radio juga banyak contoh yang aneh-aneh. Hal ini sangat berguna agar kita tidak mudah terkena dampak negatif. Waspada 5 S, Sadis, Saru, Sedih, Sara, dan Sihir.”

“Dalam menonton tayangan atau siaran juga kita pikirkan apakah ada manfaat yang bisa diambil kalau hanya untuk fun (hiburan) saja tidak usah diikuti. Lakukan diet televisi juga untuk mengatur waktu kapan kita menonton. Jika Anda menemukan tayangan atau siaran yang tidak pantas bisa melaporkan ke KPID agar bisa ditindaklanjuti,” jelas Ketua KPID Jabar

Materi menarik lainnya disampaikan oleh budayawan Bekasi Abdul Khoir. Beliau juga merupakan salah satu dosen di Unisma. Dalam materinya, beliau menyampaikan mengenai Kearifan Lokal Budaya Bekasi (Betawi) serta hubungan budaya dengan media.

“Untuk menangkap ilmu dan wawasan mengenai budaya, masyarakat bisa mendapatkan dari media. Maka dari itu kita harus bisa memilih tayangan yang edukatif. Dan sebenarnya banyak budaya bekasi yang tidak diketahui oleh masyaraakat. Pentingkah budaya bekasi disampaikan kepada masyarakat ? Jawabannya adalah penting. Karena budaya merupakan kekayaan bangsa,  Unesco saja menghargai kekayaan ini, bagaimana kita tidak peduli.   Untuk itu juga terkadang media membutuhkan masukan kepada masyarakat mengenai budaya tersebut. Sehingga dengan ini berbagai pihak dapat bekerja sama karena keberadaan lembaga penyiaran bisa menjadi satu sarana untuk menyampaikan kekayaan dan pengetahuan ini,” kata beliau.

Setelah materi selesai disampaikan, giliran para peserta diberi kesempatan untuk bertanya langsung kepada narasumber. Peserta terlihat antusias saat mengajukan pertanyaan dan dijawab pula dengan baik oleh para narasumber.

Kesuksesan acara GEMAS PEDAS ini diharapkan dapat membantu masyarakat aktif, dalam mendorong industri penyiaran dalam menyajikan isi siaran yang berkualitas, sehat, edukatif, dan ramah anak. Hal tersebut sama seperti tema yang tertuang dalam acara GEMAS PEDAS ini.

IMG_4343  IMG_4350 IMG_4355 IMG_4346 IMG_4362  IMG_4373  IMG_4366  IMG_4378 IMG_4380 IMG_4385 IMG_4396 IMG_4398 IMG_4416 IMG_4435 IMG_4447 IMG_4468 IMG_4495 IMG_4506