Deskripsi

Wilayah perkotaan dan kawasan urban seperti Bekasi sangat membutuhkan pengembangan informasi dan komunikasi masyarakat yang lebih terbuka, selain itu juga memajukan paradigma masyarakat dalam komunikasi politik, jurnalistik dan public relations. Keadaan ini menuntut peranan UNISMA Bekasi untuk berkontribusi melalui pendirian program studi Ilmu Komunikasi. Pendirian program studi Ilmu Komunikasi ini berdasarkan pada kondisi objektif Kabupaten dan Kota Bekasi yang sedang berkembang dan berada pada wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta.

Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan pengembangan program studi di bawah Fakultas Komunikasi, Sastra, dan Bahasa Universitas Islam ”45” (UNISMA) Bekasi. Lulusan prodi Ilmu Komunikasi  disiapkan untuk menjadi seorang generalis di bidang komunikasi yang memahami bidang penerapan ilmu komunikasi dalam berbagai konteks dan bidang pekerjaan. Secara grafik jumlah mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi terus meningkat setiap tahunnya.  Dan banyak prestasi yang ditorehkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi baik akademik maupun non-akademik , antara lain juara mahasiswa berprestasi, meraih hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM ) dari DIKTI, dan lain sebagainya.

Visi dan Misi

Adapun visi dan misi yang dimiliki oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, yaitu :

Visi : “Pada tahun 2017 Program Studi Ilmu Komunikasi memenuhi Standar Mutu Pendidikan Tinggi Nasional, mewujudkan insan komunikasi profesional di bidang public relations dan jurnalistik yang berkarakter Islami dan nasionalis.”

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Ilmu Komunikasi yang berorientasi pada Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  1. Menghasilkan sarjana yang professional di bidang public relations dan jurnalistik, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional
  2. Menghasilkan lulusan yang berkarakter Islami dengan akhlakul karimah: shidiq, amanah, fathonah, dan tabligh.
  3. Menghasilkan lulusan yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945

Sasaran dan Keunggulan

  1. Menghasilkan lulusan di bidang ilmu komunikasi yang unggul, berjiwa kewirausahaan, berbudaya, berwawasan global, dan memiliki pengetahuan dan kemampuan akademik yang dapat diterapkan dan dikembangkan.
  2. Menghasilkan lulusan di bidang ilmu komunikasi yang mampu menerapkan dan mengabdikan pengetahuan dan keterampilannya kepada masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu komunikasi
  4. Memerankan diri secara aktif dalam proses perubahan masyarakat berbasis komunikasi.
  5. Menjadi pusat studi pengembangan ilmu komunikasi serta aktif dalam memberikan sumbangsih peran penyelesaian masalah bidang komunikasi di dalam masyarakat.

Prospek Lulusan 

1. Penyiar radio atau presenter di televisi

2. Wartawan televisi, radio dan media cetak

3. Fotografer

4. Kameramen

5. Sutradara

6. Pembawa berita televisi/radio

7. Public Relation / Humas

8. Praktisi dan konsultan periklanan

9. Desainer grafis

10. Scriptwriter dan copywriter

11. Pengelola media

12. Pengelola event organizer

13. Editor, dll

Fasilitas di Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa
  1. Laboratorium Bahasa Multimedia
  2. On line Research
  3. Laboratorium Fotografi
  4. Radio
  5. Laboratorium Videografi
  6. Laboratorium Jurnalistik
  7. Laboratorium Komputer
  8. English Centre
  9. Wi fi Hot spot

Waktu Pembelajaran :

Kelas Reguler

Senin- Jumat      : 07.30- 16.00

Website : www.komunikasiunisma.com

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *