Profil 

Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Program studi ini memiliki visi dan misi sebagai berikut :

Visi

“Menghasilkan sarjana pendidikan Guru Sekolah Dasar yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berwawasan global, menguasai ICT (Information, Communication and Technology) dan berjiwa kewirausahaan melalui tridharma perguruan tinggi pada tahun 2019”

Misi

  1. Mengembangkan proses pembelajaran yang dilandasi oleh nilai-nilai ke-Islaman, dengan mengikuti isu-isu kontemporer baik yang bersifat lokal, regional maupun internasional yang berbasis ICT.
  2. Mempersiapkan guru sekolah dasar yang memiliki wawasan kewirausahaan dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan sekolah dasar.
  3. Melaksanakan berbagai penelitian baik dengan dana internal ataupun kemitraan dengan lembaga lain dalam lingkup kajian pendidikan, lingkungan, dan kemasyarakatan.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang lingkungan pendidikan.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai instansi terkait dalam rangka meningkatkan lulusan yang kompeten.
  6. Memenuhi berbagai sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menghasilkan lulusan sesuai dengan visi program studi yang telah ditetapkan

Sasaran

Dengan berlakuya PP No. 19 Tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, tuntutan akan peningkatan kualitas guru SD sedemikian tinggi. kualifikasi guru SD ditetapkan sekurang-kurangnya lulusan sarjana (S1)atau D-IV, dan telah mendapat sertifikasi pendidik sebagai guru SD melalui pendidikan profesi.

Oleh karena itu diperlukan tindakan nyata baik pemerintah maupun masyarakat. Tindakan nyata tersebut dengan cara membuka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar yang dipersiapkan untuk membina calon-calon tenaga kependidikan pada jenjang pendidikan SD sehingga kebutuhan tenaga guru pada pendidikan Sekolah Dasar dapat terpenuhi.

Prospek

Menjadi tenaga guru SD yang profesional, bermoral, memiliki kompetensi dan komitmen pada profesi sesuai dengan tuntutan masyarakat, serta dapat melakukan pembinaan dan pengembangan SD.

Fasilitas di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  
  1. Laboratorium Bahasa
  2. Laboratorium Komputer
  3. Laboratorium Microteaching
  4. Laboratorium Geografi
  5. Laboratorium Olahraga
  6. Fitness Center dan Aerobic, Laboratorium Olahraga
  7. Menara Panjat Dinding, Dermaga (Dayung)
  8. Beberapa lapangan olahraga diantaranya, Sepak Bola, Bola Voli, Bola Basket,
  9. Tenis Lapangan, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Lompat Jauh, Lompat Tinggi.

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *