Deskripsi 

Program studi Akutansi merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Ekonomi (FE). Prodi ini memiliki visi dan misi diantaranya :

Visi 

Dengan semangat Islam, pada tahun 2017 menjadi program studi yang memenuhi Standar Mutu Pendidikan Tinggi Nasional, kompeten dalam penerapan bidang ilmu akutansu dan kewirausahaan berbasis teknologi informasi, aktif dalam penelitian dan proses perubahan masyarakat yang memenuhi harapan pihak-pihak terkait.

Misi

1.  Membudayakan nilai-nilai akidah yang berpedoman pada Al Qur-an dan Assunnah (Ahlusunnah wal jamaah)

2. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu akutansi dan kewirausahaan berbasis teknologi informasi yang dikonsentrasikan pada Pemeriksaan Akutansi, Akutansi Syarian, Perpajakan dan Komputerisasi Akutansi.

3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan bidang ilmu Akutansi dan kewirausahaan berbasis teknologi informasi yang dikonsentrasikan pada Pemeriksaan Akutansi, Akutansi Syarian, Perpajakan dan Komputerisasi Akutansi.

4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu Akutansi dan kewirausahaan berbasis teknologi informasi yang dikonsentrasikan pada Pemeriksaan Akutansi, Akutansi Syarian, Perpajakan dan Komputerisasi Akutansi.

5. Mewujudkan kerjasama dengan institusi perguruan tinggi lain dalam bidang akutansi dan kewirausahaan untuk meninngkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian,serta pengabdian kepada masyarakat.

6. Mewujudkan kepuasan mahasiswa, dosen, karyawan, yayasan, mitra kerja, dan pengguna lulusan.

Sasaran dan Keunggulan

Menekankan pada peningkatan mutu dan kualitas kurikulum yang terbaik   sesuai kebutuhan pasar dengan relevansi yang sesuai. Memberikan nilai   tambah kapabilitas lulusannya melalui kualitas keterampilan, keahlian,   pengetahuan dan orientasi profesional yang menunjang dinamika perubahan   ekonomi global dan trend ekonomi pasar bebas.

Prospek

Para lulusan diharapkan dapat berperan pada bidang pekerjan sesuai dengan  kompartemen IAI, yaitu kompartemen akuntan publik, akuntan pendidik, akuntan  manajemen dan akuntan sektor publik, dengan spesifikasi mampu menangani  pekerjaan pengidentifikasian, pengelompokkan dan mendokumentasi transaksi  ekonomi perusahaan sampai dengan penyusunan laporan keuangan, dapat melakukan  pekerjaan audit laporan keuangan, menangani pekerjaan yang berkenaan dengan  perpajakan, dapat melakukan troubleshooting atau memberikan pemecahan masalah, saran dan rekomendasi tentang masalah yang  berhubungan dengan akuntansi, perpajakan dan keuangan perusahaan, serta dapat  menjalankan pekerjaan akuntansi berbasis EDP (Electronic Data Processing) dengan dasar ilmu sistem informasi  akuntansi.

Posisi  pekerjaan yang dapat dimasuki oleh para lulusan adalah :

  1. Akuntan Manajemen, Akuntan  Publik.
  2. Akuntan Perpajakan, Analis  Laporan Keuangan.
  3. Konsultan Akuntansi,  Keuangan, Perpajakan dan Manajemen Perusahaan.
  4. Akuntan berbasis  EDP (Electronic Data Processing).
  5. Akuntan Pendidik, Akuntan  Sektor Publik

Fasilitas di Fakultas Ekonomi
  1. Ruang Lab Komputer
  2. Ruang Lab. Manajemen
  3. Ruang Lab. Akuntansi
  4. Ruang Kerja Dekan
  5. Ruang Kerja Dekan
  6. Ruang Kerja Wakil Dekan
  7. Ruang Kerja Ketua Program
  8. Ruang Kerja Dosen
  9. Ruang Kerja Pengelola Laboratorium
  10. Ruang Kerja Tata Usaha
  11.  Ruang Senat Mahasiswa

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *