Latar Belakang dan Sejarah Perkembangan Program Studi

Perkembangan lembaga keuangan syariah di Indonesia sangat cepat, terutama Lembaga Perbankan. Muncul bank-bank syariah yang menawarkan produk keuangan dan investasi dengan cara yang berbeda dibanding bank konvensioal yang sudah ada. Pesatnya perkembangan perbankan syariah di Indonesia, mengakibatkan banyak bank konvesional yang kini juga mendirikan institusi syariah.Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan Bank Syariah, tak pelak akan berpengaruh pada permintaan tenaga kerja atau Sumber Daya Insani (SDI) yang siap pakai pada lembaga keuangan tersebut. Alasan tersebut yang membuat Fakultas Agama Islam membuka Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah.

Prodi Perbankan Syariah resmi dibuka pada 12 Agustus 2001 dengan nama Perbankan Islam. Setelah berjalan selama satu tahun, barulah pada 22 Agustus 2002 Prodi Perbankan Syariah memperoleh ijin operasional dari KOPERTAIS Wilayah 1 sesuai dengan Keputusan Koordinator PTAIS (KOPERTAIS) Wilayah 1 DKI Jakarta No. 107 Tahun 2001. Kemudian 20 Juni 2008, dilakukan perpanjangan ijin operasional yang diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam No. Dj.1/201/Tahun 2008 tentang Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Prodi pada PTAIS.

Deskripsi

Perbankan Syariah merupakan salah satu program studi di bawah Fakultas Agama Islam (FAI). Prodi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tanpa melupakan ketakwaan kepada Allah sesuai dengan ajaran Islam, dapat bekerja  secara profesional, bekerja sama dengan tim, mampu berbahasa asing, terampil menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, dan memiliki disiplin tinggi. Staf pengajar dari prodi ini memiliki pengalaman yang luas seperti tergabung dalam IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) dan juga MES (Masyarakat Ekonomi Syariah). Selain itu, dosen-dosennya merupakan lulusan dari perguruan tinggi ternama, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Prodi Perbankan Syariah telah terakreditasi BAN PT dengan nilai B. Kurikulum pembelajarannya didesain untuk penguasaan konsep dan praktik operasional Bank Syariah sehingga lulusannya meraih gelar Sarjana Ekonomi Syariah (S.E.Sy) yang mempunyai keahlian dalam mengelola bank syariah maupun lembaga keuangan syariah non-bank. Prodi ini juga telah menjalin kerjasama dengan lembaga dan perusahaan terkenal di bidangnya, seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Syariah Mega Indonesia, Bank Permata Divisi Syariah, Bank BJB Syariah, BPRS Patriot dan masih banyak lagi.

Visi, Misi, dan Tujuan

Program studi Perbankan Syariah mempunyai visi, misi dan tujuan, diantaranya :

Visi : Dengan spirit Islam dan kejuangan, pada tahun 2017 terwujud Program Studi Perbankan Syariah yang memenuhi standar Mutu Pendidikan Tinggi Nasional, kompeten dalam bidang Perbankan Syariah, aktif dalam proses perubahan masyarakat dan berwawasan wirausaha.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Perbankan Syariah yang berorientasi pada bidang ekonomi, sosial, industri dan pendidikan.
  2. Menghasilkan sarjana Perbankan Syariah yang kompeten, profesional bersikap ilmiah, dan berwawasan wirausaha sehingga mampu bersaing secara nasional
  3. Menghasilkan temuan dan publikasi ilmiah perbankan syariah yang berorientasi pada bidang sosial, industri, dan pendidikan
  4. Mengembangkan pusat kajian Perbankan syariah untuk melayani dan memberdayakan masyarakat.

Tujuan Umum : Menyiapkan sumber daya insani untuk lembaga dan pendidikan keuangan syariah serta menghasilkan sarjana berjiwa entrepreneur.

Tujuan Khusus : Menyiapkan sumber daya insani untuk lembaga keuangan Perbankan Syariah.

Fasilitas di Fakultas Agama Islam

  • Ruang kuliah ber-AC
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium Bahasa
  • Laboratorium Bank Mini Syariah
  • Free Hotspot

Prospek Lulusan

Adapun lulusannya dapat bekerja sebagai :

  1. Tenaga ahli Perbankan Syariah
  2. Konsultan keuangan syariah
  3. Peneliti Perbankan Syariah maupun Ekonomi Islam
  4. Peneliti Perbankan Syariah maupun Ekonomi Islam
  5. Pengawas Lembaga Keuangan Syariah (Dewan Pengarah Syariah)
  6. Trainer
  7. Entrepreneur

    Institusi Alumni Bekerja

    Program Studi Perbankan Syariah telah meluluskan beberapa angkatan yang sebagian besar bekerja pada institusi Perbankan Syariah yaitu BSM, BMI, BRI Syariah, Bank Niaga Syariah, BPRS Patriot Kota, BPRS Harta Insan Karimah, BPRS Irsyadi, BCA Syariah, dan BSMI. Tak hanya di bidang Perbankan Syariah, sebagian kecil alumni ada yang bekerja sebagai pengajar, tainer, karyawan BUMN, dan entrepreneur.

Jadwal Perkuliahan :Senin- Jumat : 07.30 – 17.00

 

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *