DUTI

Umum dan Keuangan

Peraturan Studi :

  1. Tempat dan waktu perkuliahan dilaksanakan di Kampus Unisma Jl. Cut Meutia no.83 Bekasi setiap hari Senin s/d Jum’at jam 08.00 s/d 21.00.
  2. Masa Pendidikan,
    1. S.1 : 7 tahun ( 14 semester )
    2. D.3 : 5 tahun ( 10 semester )
    3. D.2 : 3 tahun ( 6 semester )
  3. Sistem Kredit Semester
    Sistem pendidikan dengan beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan beban penyelenggara program lembaga pendidikan dinyatakan dalam kredit. Semester adalah satuan waktu terkecil untuk menyatakan lamanya suatu program pendidikan dalam suatu jenjang pendidikan. Satu semester setara dengan 16 – 20 minggu kerja.
  4. Kartu Rencana Studi ( KRS )
    Merupakan kontrak mata kuliah yang diambil seorang mahasiswa pada setiap awal semester, pengisian KRS dilakukan pada masa bimbingan akademik yaitu 2 minggu sebelum perkuliahan.
  5. Daftar Hadir Mahasiswa dan Dosen.
    Merupakan bukti kehadiran yang berisi Nama dan Nomor Pokok Mahasiswa yang mengambil suatu mata kuliah berdasarkan KRS yang di isi oleh mahasiswa dan kolom untuk tandatangan mahasiswa serta dosen yang harus di tanda tangani pada saat kegiatan belajar mengajar.
  6. Daftar Hadir dan Nilai.
    Merupakan bukti kehadiran dan perolehan nilai mata kuliah pada saat UTS / UAS.
  7. Evaluasi Hasil Belajar.
    Dilakukan oleh Dosen mata kuliah yang merupakan evaluasi komulatif dari usaha belajar mahasiswa yang terdiri dari Kehadiran, Nilai kuis dan tugas, UTS, UAS.
  8. Sistem Penilaian.
    Penilaian terhadap keberhasilan studi mahasiswa untuk setiap mata kuliah didasarkan pada tiga acuan penilaian, yaitu :

    1. Penilaian Acuan Patokan ( PAP ), yaitu dengan menentukan batas kelulusan
    2. Penilaian Acuan Normal ( PAN ), yaitu dengan membandingkan nilai seorang mahasiswa dengan nilai kelompoknya.
    3. Gabungan antara PAP dengan PAN, yaitu dengan menentukan batasan kelulusan terlebih dahulu, kemudian membandingkan nilai yang lulus selatif dengan nilai kelompoknya.
  9. Bobot Penilaian.
    Nilai akhir seorang mahasiswa ditentukan dengan memperhitungkan bobot jenis – jenis kegiatan PSP sebagai berikut : Kehadiran 10 %
    Nilai kuis, tugas, dll 20 %
    Nilai ujian tengah semester 30 %
    Nilai ujian akhir semester 40 %
    Bobot keseluruhan nilai akhir 100 %
  10. Penyelesaian Akhir Program
    1. Penyelesaian jenjang Studi D3 dilakukan dengan menyusun laporan tugas akhir pada semester V untuk mahasiswa yang memperoleh 80 SKS dengan IPK > 2.
    2. Penyelesaian jenjang Studi S1 dilakukan dengan penyusunan Skripsi pada semester VII untuk mahasiswa yang memperoleh sekurang-kurangnya 120 SKS dengan IPK > 2.00 dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh setiap program studi.
  11. Yudisium
    Yudisium kelulusan mahasiswa jenjang D3 / S1 ditetapkan dalam sidang program studi yang diadakan secara khusus di bawah Ketua Sidang. Mahasiswa dianggap berhasil menyelesaikan program studi apabila telah mengumpulkan SKS sesuai dengan ketentuan IPK > 2.00.
  12. Sanksi Akademik.
    Bentuk sanksi adalah pemberian peringatan secara tertulis, teguran, skorsing, atau pencabutan status mahasisa dari Unisma. Apabila dalam menempuh studinya seorang mahasiswa berhenti kuliah dan tidak terdaftar sebagai mahasiswa selama 2 semester berturut – turut atau 4 semester tidak berturut – turut tanpa izin resmi maka ia dinyatakan berhenti atau DO ( Droup Out ).

Administrasi Keuangan
Biaya Pendidikan
Dihimpun dari para mahasiswa, dibagi dalam beberapa golongan / kelompok sebagai berikut :

  1. Biaya Pokok.
    • Sumbangan Pendidikan Pendidikan ( SPP )
    • Biaya Penyelenggaraan Pendidikan ( BPP ), terdiri dari Tetap ( untuk 12 sks ) dan Variabel / tambahan ( kelebihan dari 12 sks )
  2. Biaya Kegiatan Akademik.
    • Biaya Seminar dan Bimbingan Skripsi / Tugas Akhir ( SBS / SBTA )
    • Biaya Ujian Sidang Skripsi / Tugas Akhir ( USS / UTA )
    • Biaya Kuliah Kerja Nyata ( KKN )
    • Biaya Program Pengalaman Lapangan Kependidikan ( PPLK )
    • Biaya Wisuda
  3. Biaya Kegiatan Lain.
    • Biaya Berhenti Studi Sementara
    • Biaya Kemahasiswaan/ul>

Dalam hal ini ada 2 sanksi keterlambatan pembayaran, yaitu :

  1. Sanksi Akademik, sebagai berikut :
    • Mahasiswa yang belum melaksanakan registrasi tahap I sebesar 50 % tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik ( perkuliahan, PKL, PPLK, UTS, Bimbingan Skripsi / Tugas Akhir, KKN )
    • Mahasiswa yang belum melunasi registrasi tahap II tidak diperkenankan mengikuti (perkuliahan, PKL, PPLK, UTS, Bimbingan Skripsi / Tugas Akhir, KKN )
    • Mahasiswa yang tidak melunasi uang BPP pada masa pelunasan dinyatakan Berhenti Studi Sementara ( BSS ) secara otomatis.
    • Mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi selama dua semester berturut – turut tanpa pemberitahuan dinyatakan mengundurkan diri sebagai mahasiswa.
  2. Sanksi Keuangan, sebagai berikut :
    • Diberikan kepada mahasiswa baru, pindahan dan mengundurkan diri dari unisma.
    • Diberikan kepada mahasiswa lama yang telah melaksanakan registrasi tahap I akan tetapi tidak dapat mengikuti / melanjutkan perkuliahan dapat mengajukan BBS atas rekomendasi pimpinan DALA dengan alasan yang dapat dipertanggung jawabkan.
    • Bagi mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi diawal semester maka BPP tetap untuk semester berjalan dianggap tertunggak dan harus dibayar dengan kewajiban semester berikutnya.