DAPA

10_struktur dapa

VISI

Pada tahun 2017 menjadi unit layanan berstandar mutu akreditasi, dan adaptif terhadap tuntutan kebutuhan institusi.

MISI

  • Meningkatkan mutu kompetensi SDM;
  • Meningkatkan mutu layanan administrasi akademik;
  • Meningkatkan mutu akademik;.

 

TUJUAN

  • Tersedianya SDM berkualitas yang berbasis kompetensi;
  • Terlaksananya layanan administrasi akademik yang berkualitas;
  • Tersedianya dokumen akademik yang berkualitas;

SASARAN

  • Staf telah mengikuti pelatihan sesuai dengan tugasnya, sekurang-kurangnya 50%  dari seluruh Staf Administrasi yang ada;
  • Penyusunan rekap data dan informasi,  paling lambat 2 (dua) minggu setelah data dan informasi terkumpul;
  • Memenuhi capaian pembelajaran lulusan :
  • D3- wajib menempuh beban belajar min 108 sks, dg masa studi 3-4 th;
  • S1 – wajib menempuh beban belajar min 144 sks, dg masa studi 4-5 th;
  • S2 – wajib menempuh beban belajar min 72 sks, dg masa studi 1,5-4 th.

KELEMBAGAAN

Direktorat Administrasi dan Pebgenbangan Akademik (DAPA) dipimpin oleh seorang direktur yang bertanggungjawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik. Dalam menjalankan tugasnya direktur dibantu oleh manajer akademik, manajer kurikulum dan evaluasi pembelajaran, manajer pengembangan akademik, dengan para jajaran staf administratif.  Direktur dan manajer diangkat dan diberhentikan oleh rektor untuk masa jabatan 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali. Direktur mempunyai tanggungjawab terhadap pengembangan SDM, pengembangan unit, pengembangan universitas serta mempunyai ruang lingkup sebagai berikut :

TANGGUNG JAWAB

Pengembangan SDM

Pembinaan kemampuan pegawai, peningkatan produktivitas kerja pegawai, terbentuknya team work yang baik dan terciptanya suasana yang kondusif.

Pengembangan Unit

Tersusunnya rencana dan laporan pelaksanaan program kerja tahunan, tersusunnya pedoman atau system pelayanan teknis dan administrative, terselenggaranya pelayanan teknis dan administrative, terselenggaranya administrasi perkantoran dan tertib arsip serta meningkatnya kepuasan pengguna layanan

Pengembangan Universitas

Membantu penyiapan administrasi akademik mahasiswa dalam proses peningkatan status program studi, menjaga dan menegakkan nilai-nilai institusi untuk merealisasikan visi dan misi UNISMA, membangun sholat berjamah dan meneladani kehadiran olahraga, pengajian bulanan, rapat serta kegiatan lainnya.

Ruang Lingkup :

  • Administrasi Layanan Akademik
  • Administrasi Registrasi Mahasiswa;
  • Administrasi Perkuliahan;
  • Administrasi Ujian dan Nilai;
  • Layanan Administrasi Mahasiswa;
  • Administrasi Ijazah dan Transkrip;
  • Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran
  • Pengembangan Kurikulum
  • Evaluasi Pembelajaram;
  • Pengembangan Akademik
  • Pengembangan Akademik
  • Pengembangan Kompetensi Dosen

TUGAS POKOK

Administrasi Registrasi Mahasiswa :

Persiapan registrasi mahasiswa lama, pelaksanaan registrasi tahap I dan II, pelayanan pembayaran bimbingan skripsi, sidang skripsi, semester pendek dll, pengimputan dan pengarsipan struk bank serta merekap data registrasi mahasiswa perbulan.

Administrasi Perkuliahan :

Membuat form kesediaan mengajar dan menyerahkan sebaran mata kuliah sesuai kurikulum yang diberikan kepada para Ketua Program Studi untuk menentukkan dosen pengampu mata kuliah, mengkomunikasikan hari dan waktu pada dosen pengampu, menentukan ruang/kelas untuk kuliah, mengimput KRS dan membuat DHMD, membuat SK mengajar Dosen, membuat Kartu peserta UTS dan UAS dan merekap kehadiran dosen per semester

Administrasi Ujian dan Nilai :

Mempersiapkan Ujian (UTS/UAS) (membuat daftar hadir dan nilai, membuat jadwal ujian, mengumpulkan, menggandakan dan memasukkan soal dalam  amplop), pelaksanaan ujian, menerima nilai UTS dan UAS dari dosen, mengimput nilai, membuat Kartu Hasil Studi dan transkrip, merekap IP mahasiswa per PA, IP rata-rata persemester dan mengarsipkan soal, nilai, berita acara ujian.

Layanan Administrasi Mahasiswa :

Menerima dan mengecek administrasi mahasiswa baru, memberikan layanan permintaan surat mahasiswa, mengagendakan surat masuk dan surat keluar dan mengarsipkan surat-surat, mengimput Laporan EPSBED DIKTI, menyiapkan dan mengimput Laporan Kopertais.

Administrasi Ijazah dan Transkrip Akademik :

Menerima laporan kelulusan dari fakultas, membuat Surat Keputusan Kelulusan, memproses pembuatan ijazah dan transkrip akademik, memberikan layanan legalisir ijazah, trankrip akademik dan melayani pengambilan ijazah serta transkrip.

Pengembangan Akademik :

  • Mengkoordinir pengurusan jabatan fungsional sertifikasi dosen;
  • Merencanakan, memproses, memonitor dan mengevaluasi tugas belajar dosen.

Kurikulum dan Evaluasi Pembelajaran :

  • Mengkoordinir pengembangan kurikulum inti dan kurikulum institusional tingkat universitas;
  • Merencanakan, memantau dan mengevaluasi PBM;
  • Mengevaluasi kinerja dosen;