Antusiasme Puluhan Mahasiswa UNISMA Bekasi pada Ajang Pilmapres 2018

March 26, 2018 / Berita

Bekasi-Sejak pukul delapan pagi (26/3), puluhan mahasiswa UNISMA Bekasi telah berkumpul di Gedung I lt. 3 dalam rangka mengikuti kegiatan PILMAPRES (Pemilihan Mahasiswa Berprestasi) 2018. Kegiatan yang sebelumnya dikenal sebagai ajang MAWAPRES ini, b ertujuan memberikan dampak positif pada budaya berprestasi dan menghargai prestasi serta karya mahasiswa.

“Kegiatan PILMAPRES ini bertujuan untuk mendorong motivasi mahasiswa UNISMA Bekasi untuk berprestasi sesuai bidang keilmuannya. Selain itu, hal ini juga merupakan saluran yang tepat untuk mahasiswa menunjukkan kemampuan dan prestasi yang dimilikinya,“ ucap Manajer Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Feby Haryanto.

PILMAPRES merupakan ajang “Apresiasi” atas prestasi dan kreativitas dari mahasiswa. Kegiatan ini tak hanya menyeleksi mahasiswa yang unggul dibidang intrakurikuler dan korikuler, melainkan pula unggul di bidang ekstrakulikuler.

“Diharapkan PILMAPRES mampu mendorong budaya akademik untuk meningkatkan prestasi Perguruan Tinggi dalam memfasilitasi mahasiswanya mencapai prestasi atau capaian unggul. Karena yang dinilai tidak hanya presentasi karya ilmiah saja, tetapi juga tes kepribadian, pengetahuan agama islam, kemampuan bahasa asing dan penilaian kegiatan Ko dan Esktrakurikuler. Jadi hardskill dan softskill, keduanya menjadi bobot penilaian,” tambah Feby Haryanto.

Dalam surat edarannya, Direktorat Kemahasiswaan Ristekdikti berharap melalui kegiatan Pilmapres, setiap Perguruan Tinggi dapat melakukan identifikasi dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi dan membanggakan. Agar, tiap Perguruan Tinggi mampu mencetak mahasiswa yang memiliki kecerdasan komprehensif, seimbang antara hardskill dan softskill yang mereka miliki.

Salah satu komponen penilaian PILMAPRES 2018 adalah Kepribadian (softskill). Dalam tes Kepribadian ini diantaranya mencangkup tes tertulis, diskusi kelompok, serta penilaian terhadap sikap (attitude). Misalnya kesantunan dalam berpakaian dan bicara, disiplin dan ketepatan waktu, serta partisipasi dalam pelbagai kegiatan.

Atas semangat itu, maka dalam komponen tes Kepribadian PILMAPRES UNISMA 2018 ditambahkan tes Pengetahuan Agama Islam. Menurut Feby hal ini merupakan ciri khas dari Mahasiswa Berprestasi UNISMA Bekasi.

“Sebagai Universitas Islam, kami menginginkan mahasiswa berprestasi tak hanya unggul hardskill dan softskill dalam ilmu pengetahuan umum tetapi juga hardskill dan softskill di bidang agama. Inilah yang menjadi ciri khas Mahasiswa Berprestasi UNISMA,” tutur Feby Haryanto.

PILMAPRES 2018 UNISMA Bekasi berlangsung dari tanggal 26-28 Maret 2018.  Adapun jadwal kegiatan Pilmapres Program Sarjana UNISMA Bekasi 2018 adalah sebagai berikut :

  • Tes Kepribadian (26 Maret 2018) pukul 08.00-selesai di Ruang Seminar Gedung I
  • Pengetahuan Agama Islam (26 Maret 2018) pukul 13.00-selesai di Ruang Seminar Gedung I
  • Tes Pengetahuan Bahasa Inggris (27 Maret 2018) pukul 08.00-selesai di Lab Bahasa Inggris
  • Persentasi Karya Ilmiah (28 Maret 2018) pukul 08.00-selesai Ruang Seminar Gedung I
  • Penilaian Kegiatan Ko & Ekstrakurikuler (28 Maret 2018) pukul 08.00-selesai di Ruang Seminar Gedung I
Dokumentasi Tes Kepribadian Pilmapres (26/3)

Related Post